Sabtu, 17 Agustus 2013

Bersahabat Dengan Mentari



Mentari Pagi
Hai sahabat wiwintawa semangat pagi semua??... tentunya diawali dengan senyum pagi, saat ini kita akan berbicara tentang Mentari Pagi hmmm apasih yang ada di benak kita saat melontarkan kalimat Mentari Pagi hmmm,,,Olah raga, Cahaya Mentari, Warna Orange, Langit merah, Senyum Semangat, wahwahwah iya betul sahabat memang benar hal itu yang kita temui saat kita menikmati Indahnya Pagi hari. Para sahabat tahukah kalian Mentari menyimapan sebuah keajaiban untuk kehidupan kita, sinarnya menjadikan misteri dalam kehidupan terpecahkan, cahayanya membuat hati menjadi bersinar, merahnya membuat bibir ini tersenyum itulah keajaiban sang Mentari Pagi.
Wahai sahabat ternyata selain keajaiban yang muncul Mentari Pagi dapat memperkuat jati diri kita, wwah luar biasa ya ternyata ciptaan Allah yang satu ini. Masih banyak lagi jika kita dapat memperhatikan dan mengambil energi yang terkandung dalam ciptaan Allah dimuka Bumi ini.
Mentari pagi adalah cahaya pertama yang keluar di pagi hari dan memberikan energi positif kepada para penghuni muka bumi, menyinari dan menghangatkan mahluk dimuka bumi ini jika mahluk dimuka bumi ini bisa mengambil dan memahami energi tersebut. Mari kita perhatikan, dari mulai bentuk, sifat, ukuran dan energi yang terdapat dalam mentari tersebut.
Mentari padi adalah menjadi awala dimana para penghuni bumi ini membuka mata untuk melakukan aktivitas dan memberi warna-warni dalam kehidupan. Ketika dipagi hari tak ada sinar dan cahaya itu menadakan cuaca hari itu mendung dan kelam serta banyak manusia yang mentorehkan keadaan tersebut untuk bermalas-malasan itulah hal yang ada ketika Mentari Pagi tak unjuk gigi.
Bagaimana caranya agar kita tetap ceria dan semangat untuk menghadapi suatu hal yang datang saat mentari pagi tak unjuk gigi??..
Caranya adalah
1.        awali harimu dengan do’a kepa Allah, agar Allah menjadikan dirimu mejadi pribadi yang terjauh   dari kemalasan
2.        bangun pagi dengan semangat pagi
3.       tetap semangat dan bergairah untuk melakukan aktivitas pagi
4.      jadikanlah pribadi anda sebagai pribadi yang tak mau menjadi temannya setan
5.       membuat janji di malam hari untuk hari esok yang akan anda jalani
6.      nikmati dan buatlah hari-hari anda bahagia
7.       jadikan dalam fikiran anda sesuatu hal yang positif
8.      karena kita adalah apa yang kita fikirkan
9.      katakan:” i can and i not afraid”
10.    tetap senyum karenaNya, dan lakukan aktivitas itu karena Allah.

Sahabat wiwintawa ada juga **Manfaat Sinar Mentari Pagi
Beberapa orang kadang takut sinar matahari karena bisa membuat kulit hitam, ini bisa terjadi jika terlalu lama berada dibawah terik matahari di siang hari. Tapi anda tidak harus menghindari matahari, khususnya matahari di pagi hari, karena ada banyak manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan. Bangun lebih awal dan memulai hari sebelum matahari terbit adalah keinginan banyak orang. Tapi sangat sedikit orang benar-benar bisa berubah menjadi kebiasaan.

Para peneliti telah membuktikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika seseorang melakukan aktivitas di luar rumah dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal ini dapat berguna jika matahari diperoleh selama pagi hari (Waktunya dari setelah terbit matahari sampai sinar matahari terasa cukup panas).

`
Berikut beberapa manfaat dari sinar mentari bagi kesehatan, yaitu:

1. Vitamin D
Sinar matahari merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Sinar matahari pada wajah, leher, lengan dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini meningkatkan penyerapan kalsium dalam usus dan transfer kalsium melintasi membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

2. Bermanfaat untuk kulit
Kondisi kulit kronis seperti jerawat, eksim dan lainnya akan membaik dan sedikitnya manifestasi yang didapatkan akan memperbaiki bekas luka dan gangguan kulit lainnya.

3. Melawan depresi
Pelepasan endorfin terjadi di dalam otak dan dipengaruhi oleh sejumlah factor, salah satunya sinar matahari melawan dan mengurangi depresi karena melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti-depresan alami dan sangat berguna untuk kasus depresi musiman, dengan demikian menyebabkan munculnya perasaan sehat.

4. Meningkatkan atau memperlancar sirkulasi darah
Sinar matahari meningkatkan atau memperlancar sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit, sehingga membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel. Hal ini juga membuat jantung sehat dengan menurunkan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.

5. Detoksifikasi tubuh
Sinar matahari membantu menghilangkan sesuatu yang buruk dari tubuh dengan meningkatkan fungsi hati dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga penghapusan "limbah" melalui darah lebih efisien.

6. Mencegah diabetes
Efek sinar matahari yang memadai mungkin memainkan peran penting dalam membantu mencegah diabetes pada anak-anak, serta menurunkan kadar gula dengan merangsang penyimpanan glukosa dalam otot dan hati.

7. Meningkatkan kualitas tidur
Sinar matahari meningkatkan produksi melatonin yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tidur. Melatonin adalah hormone neurotropik yang disintesis oleh kelenjar pineal, terletak di dalam otak.

8. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Sinar matahari mendukung sistem kekebalan tubuh, karena ketika tubuh tersinari akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan penyakit lain yang dihasilkan oleh bakteri, jamur atau virus.

Ketika tubuh tidak mendapat jumlah sinar matahari yang cukup, maka tubuh akan menghasilkan terlalu banyak hormon melatonin, yang bertanggung jawab untuk membuat anda mengantuk.Sinar matahari juga membantu tubuh untuk memproduksi viamin D yang bagus seharian. Itulah mengapa pada selama musim hujan, kita merasa lemas dan ingin tidur terus.
Jadi cobalah untuk membuka jendela kamar lebar-lebar di pagi hari atau berjalan santai di bawah sinar matahari pagi.


Masih banyak cara lagi untuk menghadapi hal tersebut, saya kembalikan kepada diri kita masing-masing, karena semua itu ada pada diri kita jika hari-hari kita ingin indah maka kita harus membuat hari-hari tersebut menjadi indah atau bahkan sebaliknya. Indah seperti puisi di bawah ini.
***puisi Mentari Pagi***
Memandang langit nan indah
Menikmati ciptaan Sang Maha Pemurah
Ucapan syukur menghias lidah
Berharap kan bisa selalu terarah
Terik mentari di pagi hari
Menghibur jiwa yang sunyi
Cahanya semerbak menyinari hati
Berusaha temukan cinta sejati
Hatiku kini tak lagi pilu
Terbuai dunia yang menipu
Kuberharap ini kan bersemi selalu
Demi mengharap cinta Dzat Yang Maha Tahu
Kuberharap hatiku kan secerah mentari
Bisa menerangi hati hati yang sunyi
Membangunkan jiwa jiwa yang sepi
Mengapai ridho ilahi
Bersama mimpi-mimpi indah ini
Terimakasih telah membaca artikel Secerah Mentari Pagi semoga bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan kamu.
Kalo berkenan, tolong di share lewat facebook, twitter atau yang lain ya, biar teman-teman yang lain juga tau artikel ini,
dan baca juga artikel Mudik, Antar Budaya dan Ajang Silaturahmi Menyambut Mentari pagi,  terimakasih.
Sahabat wiwintawa itulah secuplik informasi hari ini. Selamat berkary semoga berhasil dan bermanfaat, ingat kita adalah apa yang kita fikirkan. ***wiwintawa***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar