Apakah anda merasa sangat sibuk? Mungkin dua tips manajemen waktu ini akan membantu mengurangi kesibukan Anda. Kesibukan bekerja adalah sesuatu yang harus disyukuri, artinya ada lahan bagi Anda untuk mencari nafkah. Namun, jangan sampai kesibukan tersebut menghalangi Anda untuk menemukan peluang lain, untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, atau menjadikan hidup Anda tidak seimbang.
Berikut adalah dua tips manajemen waktu yang bisa Anda lakukan
untuk mengurangi pekerjaan Anda tanpa mengurangi hasilnya.
Delegasikan tugas-tugas
rutin sederhana untuk orang lain.
Pilahlah tugas-tugas sederhana yang memakan waktu dan bisa
dilakukan oleh orang lain. Mengapa ini penting? Sebab Anda akan lebih banyak
memiliki waktu dan hanya digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang penting. Anda
bisa fokus membangun visi Anda, melakukan hal-hal yang hanya bisa dilakukan
oleh Anda, serta melakukan sesuatu yang benar-benar sangat bernilai.
Ini sangat dasar tapi sangat penting. Jika Anda memiliki uang,
sewalah orang untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, yang memperbaiki, dan
bahkan beberapa pekerjaan kantor Anda yang lain. Gunakan kemampuan mereka untuk
memenuhi impian Anda.
Tapi harus mengeluarkan uang untuk membayar orang lain? Tentu
saja. Anda perlu menghitungnya. Misalnya banyak pekerjaan yang bisa Anda
delegasikan dan harus membayar orang sebesar Rp 1.000.000 per bulan. Kemudian
Anda akan memiliki waktu lebih longgar. Maka penggunaan waktu longgar ini harus
menghasilkan uang yang lebih besar dari Rp 1.000.000.
Jika ternyata, Anda malah nombok, artinya pekerjaan Anda belum
benar-benar bernilai. Maka gunakan waktu luang Anda untuk menambah nilai
pekerjaan Anda sehingga menjadi lebih menguntungkan. Mungkin perlu waktu.
Anggap saja uang yang Anda gunakan untuk nombok sebagai investasi untuk hasil
yang lebih baik dimasa depan.
Miliki Rencana
Mulailah dengan “akhir dalam pikiran” adalah ungkapan populer
dan itu merupakan pokok yang sangat penting. Dengan perencanaan cermat, Anda
akan dapat mengatur waktu Anda lebih baik dan menghindari kesalahan mahal yang
bahkan lebih memakan waktu Anda.
Dapatkah Anda bayangkan sebuah kompetisi panahan dimana tidak
ada target? Bagaimana pemanah tahu jika ia akan mengenai sesuatu, atau bahkan
hanya mendekati?
Anda mungkin mengatakan bahwa Anda begitu sibuk. Anda bahkan
tidak punya waktu untuk merencanakan. Itu biasanya merupakan tanda bahwa Anda
perlu mengambil waktu untuk merencanakan lebih dari orang lain.
Rencana Anda seperti peta jalan. Luangkan cukup waktu untuk
merenungkan melalui pendekatan yang berbeda dan kegiatan, dan Anda akan segera
menyadari bahwa Anda dapat menghemat waktu lebih banyak dengan melakukan hal
ini. Pastikan Anda akan mencapai sasaran yang tepat dan periksa rencana Anda
dari waktu ke waktu untuk memastikan Anda keluar jalur.
Pilih tempat yang tenang untuk membuat rencana Anda dan biarkan
memfokuskan pikiran Anda pada proses penting.
Setiap individu memiliki persepsi unik dari rencana yang dibuat.
Tidak ada aturan khusus untuk membuatnya. Berikut adalah beberapa tips yang
dapat Anda berlaku untuk sistem Anda sendiri.
1.
Tuliskan tujuan Anda. Ini adalah definisi yang tepat dari target
Anda.
2.
Brainstorm (curah gagasan) strategi & taktik Anda yang akan
lakukan untuk mencapai tujuan Anda.
3.
Evaluasi kelebihan & kekurangan melaksanakan strategi
tersebut dan memilih taktik dan strategi terbaik.
4.
Mengatur waktu atau tenggat waktu dalam menyelesaikan misi Anda.
5.
Membuat modifikasi & rencana cadangan dalam kasus Rencana A
tidak bekerja.
6.
Belajar dari evolusi rencana Anda. Bagaimana rencana Anda
bekerja, apa saja kelamahannya, apa yang bekerja, dan apa yang tidak bekerja.
Yang paling penting dari perencanaan ialah segera mengambil
tindakan. Jangan terlalu lama pada rencana. Rencana tidak perlu detil, yang
penting Anda mengetahui arah yang akan Anda lakukan.
Inilah dua tips manajemen waktu bagi Anda yang super sibuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar